---->>"Terima kasih atas kunjungan anda ke web blog saya, konten dari web blog ini hanyalah curahan hati yang saya tuangkan dalam bentuk tulisan yang bertujuan untuk mengigatkan bagi diri saya pribadi khususnya dan bagi para pembaca umumnya..... Semoga dengan adanya konten2 ini dapat membantu para pembaca sekalian untuk keperluan tertentu..." <<----

Tips Sederhana Cara Memulai Usaha

Cara mulai usaha pada dasarnya merupakan hal penting yang menjadi fondasi dari usaha yang akan anda jalankan ke depannya.

Mengapa ?

Anda memilih intuk memulai usaha pasti dengan suatu tujuan, bukan ??
Dan tujuan tersebut biasanya bersfiat financial, atau istilah kerennya UUD (ujung-ujungnya duet). Dengan demikian, perlu anda ketahui mengenai cara mulai usaha yang baik dan benar. Segala sesuatunya tidak akan menyakitkan bila diawali denga baik dan benar.

Adapun hal2 yang harus dipersiapkan :

1. Prospek Komoditas
Hal pertama yang sering dikaitkan dengan cara mulai usaha adalah mengenai prospek dari komoditas uang akan dikembanangkan. Disini, usaha dikaitkan dengan jual-beli.
Maklum, hal pertama yang muncul dibenak banyak orang ketika mendengar kata ‘usaha’ adalah jual-beli, bukan ??

Cara mulai usaha yang berkaitan dengan jual beli hendaknya adalah melakukan pengkajian lebih jauh mengenai produk yang diperjual-beikan.

Apakah produk tersebut meeupakan salah satu produk yang paling dicari dikalangan masyarakat?? Apakah produk tersebut merupakan produk yang dihindari masyarakat ??

Apakah permintaan produk tersebut akan terus bertambah dari waktu ke waktu ?? Pertanyaan2 seperti itulah yang harus diberi penekanan tersendiri..


2. Kompetisi
Hal berikutnya yang mungkin bias jadi bahan pertimbangan adalah nengenai kompetisi perdangangan yang sudah pasti dihadipi oleh so pemulai usaha, terutama apabila komoditas perdagangan adalah barang kebuthan sehari-hari dan terbebih bila pasar sudah dipenuhi oleh sejumlah penguasa dagang. Dengan demikian anda harus menerima kenyataan untuk ikut serta dalam perlombaan untuk menjadi yang teratas di pasar. Dengan demikian lokasi dimana usaha tersebut akan berlangsung juga harus menjadi bahan pertimbangan. Lokasi jelas memainkan peran yang sangat penting.

3. Usaha Yang Unik
Sangat disarankan pula agar usaha yang akan anda jalankan adalah yang seunik mungkin karena dengan demikian anda akan mendapat nilai tambah tersendiri dalam persaingan tersebut.
Semakin unik usaha yang akan anda jalankan, semakin sedikit pula kecendrungan orang lain untuk menjalankan usaha yang sama denga apa yang anda jalankan. Ini hanyalah mengenai jumlah.

Cara mulai usaha unik pada kenyataannya mengandalkan imajinasi anda dan menuangkannya ke dalam proposal pembuatan usaha. Tak heran bila usaha-usaha unik yang berumut kurang dari setahun taunya bias menghasilkan uang dalan jumlah yang fantastis ketimbang usaha yang sudah berjalan cukup lama.
Hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat sebagai konsumen juga membutuhkan inovasi terbaru dalam kehidupan berbasis sehari-hari.

Kenyataan pahit yang harus kita terima hanyalah tingkat kebosanan masyarakat yang cukup tinggi yang hanya memberikan sebuah usaha untuk bertahan dalam suatu periode tertentu.

Selanjutnya ??
Usaha tersebut memerlukan ‘vermak’ artinya lebih lanjut untuk terlihat lebih menggiurkan daripada sebelumnya.


4. Dana
Setelah anda menetukan prospek serta lokasi, maka persiapan dana harus masuk dalam urutan cara mulai usaha. Mungkin persiapan dana merupakan salah satu hal yang tersulit ketika seseorang hendak memulai usahanya, apapun bidangnya. Namun keuntungan yang sangat tinngi juga memerlukan pengorbanan yang setimpal. Tak hanya itu, usaha yang akan anda jalankan harus jelas dan siapa yang menjalankannya.

Apabila anda mampu, segalanya dapat anda kerjakan seorang diri,. Namun hal tersebut jarang terjadi sehingga perusahaan2 yang kian berkembangpun memperkerjakan pekerja hingga ratusan jumlahnya.
Jangan terlalu gencar untuk menjalankan usaha yang usiannya masih dapat dihitung dengan satuan hari. Adalah sangat normal bagi sebuah perusahaan untuk ‘balik’ modal setelah perusahaan tersebut berjalan dalam hitungan tahun, bukan hari, minggu ataupun bulan. Jadi usahakan untuk menghindari ‘gencar balik modal secepat mungkin’ karena usaha yang baru lahir juga butuh adaptasi dan waktu yang cukuo lama.

Cara mulai usaha tentunya bersifat dinamis dan tidak statis sama sekali. Artinya, cara mulai usaha antara usaha yang satu dengan yang lainnya pasti memiliki perbedaan baik dalam suatu aspek maupun sebagai system keseluruhannya. Dengan banyaknya cara mulai usaha yang tersedia di planet ini, andalah yang harus menentukan cara mulai usaha mana yang terbaik untuj anda, dan masa depan anda.

Semoga dengan adanya referensi ini bisa membuka pemikiran anda sekalian…sukses selalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar